Selasa, 13 September 2011

julius sitanggang

 julius sitanggang
 

Wawancara Tim Solusimusikcom Via Facebook Dengan Julius Sitanggang

Berikut ini hasil wawancara kami dengan salah satu tokoh penyanyi yang sangat melegenda Julius Sitanggang. Sudah tidak terhitung seberapa besar dia ikut menyumbangkan tenaga dan kemampuannya untuk menjadikan industri musik di Indonesia menjadi sebesar apa yang kita lihat sekarang. Dengarkanlah apa yang menjadi pendapat seorang Julius Sitanggang terhadap industri musik di Indonesia dan pendapatnya mengenai pembajakan di Indonesia.

Boleh tau ga bang, udah berapa banyak album yang abang produksi dari awal karir hingga sekarang? Karena aku juga bingung, soalnya banyak banget.
  • Album yg aku rekam kira-kira 30-an album.
Dari sekian banyak album abang itu, album yang mana yang penjualannya paling bombastis?
  • Penjualan yg paling banyak album “Tabahlah Mama”, “Dia dan Dia”, dan album “Maria”. Sedangkan untuk  penghargaan aku pernah mendapat 4 Golden Music Award, 1 BASF Award, dll.
Apakah menurut abang pribadi royalti yang abang dapatkan dari awal karir hingga sekarang ini sudah cukup adil bagi seniman seperti abang?
  • Kalau menurut saya pembagian hasil royalty saat ini masih banyak yg tidak berpihak kpd kita sebagai Seniman/Artist.

Lalu sehubungan dengan pembajakan, kapan abang pertama kali merasakan efek negatif dari pembajakan khususnya terhadap album2 Julius Sitanggang?
  • Kalau efek dari pembajakan saya sdh merasakan sejak jaman masih kaset harganya sekitar dibawah Rp 2000 ya, mungkin sekitar thn ‘85 an. Bisa di bayangkan berapa besar kerugian negara dan kita sebagai seniman rasakan.

Lalu untuk saat ini, disaat job sudah banyak berkurang, disaat penjualan album fisik rekaman di pasaran sudah tidak sedahsyat dulu dikarenakan semua orang mayoritas sudah mengkonsumsi bajakan, apa langkah yang abang ambil untuk terus bisa stabil berkarya?
  • Untuk stabil berkarya.. saya tetap semangat dan optimis bahwa masih ada kemungkinan kita akan kembali ke dalam kondisi industri musik yang sehat, hingga saat ini aku terus membuat rekaman lagu2 daerah, rohani, dll.

Mohon kasih komen mengenai solusimusik.com ya bang, menurut abang apakah langkah yang diambil oleh solusimusik.com ini akan bisa membuahkan hasil seperti yang diharapkan semua musisi di tanah air yaitu pembajakan menjadi tidak berpengaruh terhadap kondisi perekonomian pembuat karya?
  • SolusiMusik.com mudah2an dapat menjadi sarana yang tepat untuk menjadi wadah bagi para seniman untuk memasarkan lagu dan menjadi salah satu media promosi bagi para Artist dan Musisi Indonesia.
Oke bang, terima kasih banyak telah mau berbagi dengan kita. Sukses terus buat Julius Sitanggang.
  • Oke, sukses juga buat SolusiMusik.com………..Love……..JULIUS SITANGGANG.
 
Terinspirasi dari acara musik di Metrotv berjudul ‘Zona Memory’, acara yang jadi ajang nostalgia buat penikmat musik tahun 1980-1990an. Sekarang, Gw mencoba  berbagi tentang penyanyi favorite gw berserta lagu-lagunya di zaman itu.

Gw yang dibesarkan di era itu, tentu punya kenangan tersendiri dengan lagu-lagu eighties dan nineties. Bermula waktu kakak-kakak gw sering muter bolak-balik lagu-lagu di kaset ‘Balada Anak Nelayan’, gw jadi turut teracuni menyukai suara bening penyanyinya. Orang-orang seangkatan gw pasti tau banget dech siapa penyanyi yang gw maksud. Yupz! Julius Sitanggang. 





BALADA ANAK NELAYAN
Ciptaan: Louise Komala
Vocal: Julius Sitanggang

Di ruang kecil dan berdinding bambu
kududuk sendiri bertemankan sepi
seharian kini telah kulewati
dengan bubu dan kail di tanganku

Kupandang ombak bergulung di pantai
dan tiang sampan yang timbul tenggelam
burung-burung camar yang tak bosan beterbangan 
menemani para nelayan….

Reff.
Anak-anak nelayan
Sambil menjinjing keranjang
Menyambut kedatangan saudaranya
Dengan wajah yang ceria

Mentari kini tlah hampir tenggelam
Ombak di laut pun tetap bergelombang
Kudengar nyanyian anak nelayan
Mereka yang selalu bergembira

Back to reff 

Sejak itu, gw jadi ‘diperalat’ oleh kakak-kakak gw, buat merengek-rengek sama mama, minta dibelin kaset-kaset Julius Sitanggang, setiap kali dia meluncurkan album baru. Tapi gpp-lah, gw-nya juga suka kok he he he...

Cover Album "Balada Anak Nelayan"

Cover Album "Tabahlah Mama"

Yang gw tau, sebelum bersolo karier, Julius Sitanggang tergabung dalam satu kelompok vokal De Joli’s, bersama 3 sodara kandungnya. De Joli’s terdiri dari Ranto Sitanggang, Fernando Sitanggang, Julius Sitanggang, dan David Sitanggang.

Cover Album "Balada Si Tua"

Karier menyanyi Julius Sitanggang makin melesat, sementara saudara-saudara kandungnya meredup dan ga pernah terdengar lagi kabarnya (kecuali David Sitanggang, adiknya yang sempat mengeluarkan beberapa album).


Julius Sitanggang meluncurkan banyak album, gw sendiri ga begitu hafal berapa album yang telah dia hasilkan (coz banyak juga, termasuk ada album berbahasa Batak). Yang gw inget pasti sih, di setiap album barunya pasti selalu diselipin lagu-lagu lawas dari album sebelumnya.

Cover Album "Dia & Dia"

Sebagai penyanyi cilik beraliran musik balada, lagu-lagu Julius Sitanggang memang didominasi thema-thema kesedihan dan kemuraman (kehilangan orang yang dicintai, kerinduan terhadap orangtua, kemiskinan, yatim piatu, meratapi kecacatan dan lain-lain), ada juga beberapa lagu yang berthema religi dan kecintaannya terhadap sosok mama. Sementara lagu-lagu yang bernada ceria hanya sedikit saja.

Cover Album "Balada Ibu dan Anak"

Walau masih kecil Julius Sitanggang sudah menyanyi dengan tekhnik vocal yang baik. Buat gw, lagu-lagu Julius Sitanggang itu indah dan berkualitas. Jujur, dari dulu sampai sekarang, gw ga begitu suka sama penyanyi-penyanyi cilik yang cuma mengandalkan tampang ‘imut-imut’ dan ‘lucu’ tapi suaranya amburadul.

Cover Album "10 Lagu hits Julius Sitanggang"
Dalam setiap album ciliknya, nyaris hampir semua lagunya nge-hits. Itu ga mengherankan coz lagu-lagunya bagus-bagus dan enak didengar. O ya, sepanjang ingatan gw, kebanyakan lagu-lagu balada yang dinyanyikan Julius Sitanggang adalah karya-karya dari Louise Komala.

Cover Album "Maria"

Cover Album "Selonong Boy"
Gw inget banget, gw pernah ngirim surat sama idola gw itu. Trus nerima balasan yang dilampiri foto poscard Julius Sitanggang. dia memakai kemeja dan celana panjang warna silver metalic, dan dibubuhi tanda-tangannya. Wuiiih senengnya gw waktu itu....

Cover Album "Esok Jumpa Lagi"

Cover Album "20 Lagu Terbaik Yulius Sitanggang"

Beranjak remaja dengan suaranya yang mulai berubah, Julius Sitanggang tetap berkarya menghasilkan beberapa album lagi. thema lagunya pun mulai meluas ke thema percintaan, tapi tetap tanpa meninggalkan ‘benang merah’ kariernya sebagai penyanyi balada. Mungkin lagu-lagu album remajanya ga sehebat lagu-lagu di album ciliknya. Tapi whatever-lah, gw tetap suka he he he...


Cover Album "Hey Nona"

Cover Album "Untukmu Armenia"

 Album-album Julius Sitanggang yang pernah gw miliki:
-Album: Balada Anak Nelayan
-Album: Tabahlah Mama
-Album: Balada Si Tua
-Album: Balada Ibu dan Anak
-Album: Dia & Dia
-Album: Mama Theresia
-Album: Balada Putra Surga (Album Rohani)
-Album: Kucari Pintu Surga (Album Rohani)
-Album: Maria
-Album: Esok Jumpa Lagi
-Album: 20 Lagu Terbaik Yulius Sitanggang

Cover Album Rohani "Kucari Pintu Surga"
Kesemua kaset-kaset yag pernah gw miliki itu sekarang sudah entah kemana he he he... Syukurlah gw sudah mendownload sebagian besar lagu-lagu Julius Sitanggang. Tapi sampai sekarang gw ga menemukan lagu-lagu di album 'Balada Putra Surga', 'Kucari pintu Surga' dan lagu berjudul 'Mama Theresia' (lagu Mama Theresia ada linknya, tapi setelah didownload ternyata isi lagunya lain). Ada yang bisa bantu gw nemuin lagu-lagu itu??? Kalo ada, please kasih info link-nya ya...

Jujur lagu-lagu di album ‘Kucari Pintu Surga’ punya kenangan tersendiri buat gw, coz gw pernah membawakan lagu-lagu itu di event-event acara kerohanian yang lumayan besar di Bandung. Malah gw sempat nyanyi lagu-lagu itu diiringin sama musisi jazz terkenal, almarhum Eddy Karamoy lho...( bangga dikit he he he...).
Cover VCD Karaoke "Parade Artis Top Hits Sumatera Utara"
Buat yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu Julius Sitanggang, gw kasih linknya dech buat kalian download. Ga komplet-komplet banget sih, tapi sepengetahuan gw kayanya yang di blog gw ini paling komplet isinya kalo dibandingin sama yang laen he he he... (promosi dikit euy!!). Jadi  lumayanlah buat membangkitkan kenangan.

MP-3 Lagu-lagu Julius Sitanggang Cilik
Julius Sitanggang - Angan dan Kerinduan
Julius Sitanggang - Balada Anak Nelayan
Julius Sitanggang - Balada Ibu dan Anak
Julius Sitanggang - Balada Si Tua
Julius Sitanggang - Boby
Julius Sitanggang - Buka Pintu
Julius Sitanggang - Cita-Cita Anak Petani
Julius Sitanggang - Danau Toba I
Julius Sitanggang - Danau Toba II
Julius Sitanggang - Dengan Tuhan
Julius Sitanggang - Derita Anak Pengemis
Julius Sitanggang - Derita Yatim Piatu
Julius Sitanggang - Dia & Dia
Julius Sitanggang - Dirimu Satu
Julius Sitanggang - Doa Ibu Pengemis
Julius Sitanggang - Doa Penyemir Sepatu
Julius Sitanggang - Doa Untukmu Kawan
Julius Sitanggang - Elegi Kedamaian
Julius Sitanggang - Gadis Kecil Yang Malang
Julius Sitanggang - Hari Libur
Julius Sitanggang - Indonesia Jaya
Julius Sitanggang - Kabulkanlah
Julius Sitanggang - KaruniaMu Tuhan
Julius Sitanggang - Kenyataan Hidup
Julius Sitanggang - Laguku Untuk Mama
Julius Sitanggang - Legenda Lama
Julius Sitanggang - Lisna
Julius Sitanggang - Mama dan Papa
Julius Sitanggang - Mama
Julius Sitanggang - Nasib Si Buyung
Julius Sitanggang - Panggilan Rindu
Julius Sitanggang - Pulau Bali
Julius Sitanggang - RestuMu Tuhan
Julius Sitanggang - Rona Hidupku
Julius Sitanggang - Rumput Liar
Julius Sitanggang - Sebuah Penantian
Julius Sitanggang - Seniman Kecil
Julius Sitanggang - Seredup Sinar Lilin
Julius Sitanggang - Tabahlah Mama
Julius Sitanggang - Tiada Lagi Senandung
Julius Sitanggang - Tuna Netra
Julius Sitanggang - Ulurkan TanganMu

MP-3 Lagu-lagu Julius Sitanggang Remaja
Selamat memasuki Zona Memory lagu-lagu Julius Sitanggang...

Conclusions:
Kalau kita mulai suka mengenang masa lalu, baik lewat lagu lawas, film jadul, barang antik, maupun hal-hal lain yang mengandung kenangan. Artinya kita mulai suka romantisme nostalgia. Dengan kata lain: kita sudah beranjak tua ha ha ha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar